6.1 Arti Pengetahuan
Pengetahuan adalah Informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk
memperoleh pemahaman, pembelajaran dan pengalaman yang terakumulasi sehingga
bisa diaplikasikan ke dalam masalah/proses bisnis tertentu .
Informasi yang diproses untuk mengekstrak implikasi kritis dan
merefleksikan pengalaman masa lampau menyediakan penerima dengan pengetahuan
yang terorganisasi dengan nilai yang tinggi.
Pengetahuan dapat juga diartikan sebagai gejala yang ditemui dan diperoleh
manusia melalui pengamatan akal. Pada saat seseorang memakai akal budinya untuk
mengenali suatu kejadian tertentu yang belum pernah dirasakan sebelumnya itu
dapat meunculkan sebuah Pengetahuan. Contoh Pengetahuan: Seseorang yang
mencicipi buah yang belum pernah dimakannya, maka orang tersebut akan
memperolah pengetahuan yaitu tentang rasa, bentuk, ukuran, nama buah.
Pada dasarnya pengetahuan mempunyai kemampuan prediktif/ perkiraan terhadap
sesuatu sebagai hasil dari pengenalan suatu bentuk/ pola. Data dan Informasi
terkadang dapat membingungkan seseorang, maka pengetahuanlah yang mengarahkan
tindakan.
6.2 Produksi
Sistem produksi memiliki struktur seperti
struktur proses pencarian (search).
Secara umum, sistem produksi terdiri dari
komponen-komponen:
1. Ruang
Keadan : berisi keadaan awal, tujuan dan kumpulan aturan yang
digunakan untuk mencapai tujuan.
2. Memori
Aktif : berisi deskripsi keadaan semesta pembicaraan saat ini dalam
proses penalaran.
3. Strategi
Kontrol : berguna untuk mengarahkan bagaimana proses pencarian akan
berlangsung dan mengendalikan arah eksplorasi.
Representasi pengetahuan dengan sistem produksi
dinamakan kaidah/aturan produksi (production method) sering disebut
produksi saja.
Pengetahuan dalam kaidah produksi
direpresentasikan dalam bentuk
JIKA
[kondisi] MAKA [Aksi]
JIKA
[premis] MAKA [Konklusi]
Aturan Produksi (kaidah produksi) adalah
salah satu representasi pengetahuan yang menghubungkan premis dengan konklusi.
Bentuknya: If Premis Then Konklusi
Konklusi pada bagian then bernilai benar
jika premis pada bagian if bernilai benar.
Contoh:
If hari ini ada demo then saya tidak
kerja.
6.3 Jaringan Semantik
Jaringan semantik merupakan model memori
manusia yang dibangun oleh M. R. Quillian sebagai representasi grafis dari
informasi proposisional. Informasi proposisional adalah pernyataan yang dapat
bernilai benar atau salah. Jaringan semantik ini disajikan dalam bentuk graf
berarah.
Contoh jaringan semantic :
Keterangan :
is a = adalah
shape = berbentuk
consists of = terdiri dari
programmed = diprogram
6.4 Triple Obyek - Atribut - Nilai
Bentuk object-attribute-value triple daapat digunakan untuk
mempresentasikan semua karakteristik pengetahuan dalam semantic net dan
digunakan pada sistem pakar MYCIN untuk mendiagnosa penykit infeksi.
6.5 Schemata : Frame dan Script
Frame
Frame berupa kumpulan slot-slot (representasi entitas sebagai struktru
objek) yang merupakan atribut untuk mendeskripsikan pengetahuan berupa
kejadian, lokasi, situasi ataupun elemen-elemen lain. Frame digunakan untuk
representasi pengetahuan deklaratif.
Contoh : Deskripsi frame untuk robot
Contoh : Deskripsi frame untuk robot
Setiap frame individual dapat dipandang sebagai struktur data yang mirip
record, berisi informasi yang relevan dengan entitas-entitas stereotype.
Slot-slot dalam frame dapat berisi :
- Informasi identifikasi frameHubungan frame dengan frame lain
- Penggambaran persyaratan
yang dibutuhkan frame
- Informasi procedural
untuk menggunakan struktur yang digambarkan
- Informasi default
frame
- Informasi terbaru
Script
Script (Schank & Abelson, Yale univ) merupakan representasi terstruktur
yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks
khusus. Script mirip dengan frame, perbedaannya Frame menggambarkan objek,
sedangkan Script menggambarkan urutan peristiwa. Dalam menggambarkan urutan
peristiwa, script menggunakan serangkaian slot yang berisi
informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
informasi tentang orang, objek dan tindakan-tindakan yang terjadi dalam suatu peristiwa.
Elemen script yang tipikal :
- Kondisi masukan : menggambarkan situasi yang harus dipenuhi sebelum terjadi
suatu peristiwa yang ada dalam script
- Prop : mengacu kepada
objek yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi.
- Role : mengacu kepada
orang-orang yang terlibat dalam script.
- Hasil : kondisi yang ada
sesudah peristiwa dalam script berlangsung.
- Track : mengacu kepada
variasi yang mungkin terjadi dalam script tertentu.
- Scene : menggambarkan urutan peristiwa aktural yang terjadi.
Contoh script memadamkan api
Script Robot Pemadam Kebakaran
Jalur (track) : lokasi kebakaran
Peran (roles) : user, robot
Pendukung (prop) : air, sensor, tombol on/off, dll
Kondisi masukan : suhu panas – sensor mendeteksi suhu
Adegan (scene) 1 : Nyalakan robot
- Cari tombol on/off
- Geser tombol ke kondisi on
Adegan (scene) 2 : Deteksi suhu
- Sensor mendeteksi suhu panas
- Sensor memberikan masukan pada mikrokontroler
- Minkrokontroler merespon masukan
Adegan (scene) 3 : padamkan api
- Robot mendekati api sampai jarak aman
- Robot menyemprotkan air
Adegan (scene) 4 : matikan robot
- Cari tombol on/off
- Geser tombol ke kondisi off
Hasil :
- Api padam
Sumber Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar